Tips Mendirikan Badan Bisnis PT

posted on 07 Sep 2015 19:13 by mrbisnisblog
Perseroan terbatas ialah perusahaan yang modalnya berasal atau terbagi-bagi atas saham-saham. Tanggung jawab masing-masing pemegang sumbangan atau persero unik pada modal dengan disertakannya. Besarnya pura ditentukan dalam anggaran dasar.

Sesuai undang-undang, untuk mendirikan PT tersembunyi syarat-syarat dan langkah pengesahan status badan hukum tertentu dengan harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut adalah:

Tumpuan formal, yakni mesti membuat akta prinsip di depan notaris. Sertifikat ini memuat anggaran dasar.



Syarat material, yaitu harus mempunyai perlengkapan dasar yang dibagi atas saham-saham senilai minimal Rp20. 000. 000, -.

Adapun untuk memperoleh tempat badan hukum, penggagas PT harus menghadang prosedur pengesahan tempat badan hukum untuk berikut:

jasa pendirian pt akta pendirian ke kantor notaris.

Pengesahan per Menteri Kehakiman. Sertifikat pendirian oleh notaris dikirimkan ke Kepala negeri Direktorat Perdata Jurusan Kehakiman untuk mencatat surat keputusan persetujuan dari Menteri Kehakiman.

Pendaftaran di Pengadilan Negeri. Pendiri membawa akta pendirian dan surat keputusan ratifikasi dari Menteri Kehakiman ke kantor Penulis Pengadilan Negeri setempat untuk mendaftarkan akta pendirian dalam lektur register Perseroan Utama.

Pengumuman dalam Petunjuk Negara Republik Indonesia. Pendiri membawa keterangan pendirian, surat ketetapan pengesahan dari MenteriKehakiman dan surat kode pendaftaran dari Panitera Pengadilan Negeri di percetakan negara semoga diumumkan dalam Keterangan Negara Republik Nusantara (BNRI). Sejak diumumkan dalam BNRI, PT telah resmi memperoleh status badan hukum.

Sebagai badan norma, PT dianggap seperti manusia yang sanggup melakukan tindakan pedoman. Dengan demikian, PT dapat melakukan transaksi-transaksi, membuat perjanjian & dapat dituntut & menuntut di depan pengadilan. Dalam melakukan seluruh tindakan hukumnya, PT diwakili oleh direksi. Dan sebagai badan hukum, harta gaji PT terpisah dari harta kekayaan pesero dan direksi. Pimpinan adalah pihak-pihak secara bertindak sebagai pimpinan PT.

Comment

Comment:

Tweet